Senin, 19 April 2010

Football Tricks!

halo kawan semua! haha kyk lagunya ello. well, blog ini telah bangun dari masa terlelapnya setelah si admin lagi uts dan mencari bahan2 apik untuk dipaparkan. jadi ya begitu deh berenti dulu hehe oke kali ini gw akan bahas trik2 ajaib dari sepakbola. para pembaca bisa mempelajarinya mungkin setelah melihat postingan gw kali ini. and here it is!

1. fake pedalada
salah satu trik yg gw kagumin. karena keefisiensi dan efektifitasnya sangat tinggi. tingkat penggunaanya jg mudah. hanya perlu pd dan otak yang pintar. ga kyk trik2 lain yang butuh fisik lentur dsb. fake pedalada hanyalah trik sesaat namun efeknya sangat bagus. situasi terbaik adalah ketika dijepit sama lawan dari depan dan belakang disaat lo sedang dribel diagonal entah keatas atau kebawah. situasi lain juga bisa asal pinter2nya si pemain aja. praktisi yang handal menggunakan trik ini adalah: ronaldo, robinho, cristiano ronaldo, jay-jay okocha, quaresma, arjen robben, joe cole, franck ribery, mancini dan masih banyak lagi. langkah2nya adalah seperti berikut :

-silangkan kaki lo ke depan. kalo pake kaki kanan silangin ke kiri, kalo pake kaki kiri silangin ke kanan. jangan sampe kena bola, karena situasi ini kedua kaki lo harus dibelakang bola. (tentunya bola yg ada didepan juga harus masuk jangkauan kedua kaki lo hehe) dan kunci dari gerakan ini adalah lempar silangan kaki lo sejauh mungkin. gerakan ini soft.

- Buat efek badan. nah sehabis kaki lo udah nyilang, buat efek badan lo seakan jatuh atau bergerak ke arah kaki silangan lo. misal, kaki kiri lo nyilang ke kanan, badan lo juga harus ikut jatuh ke kanan. jangan buat terlalu jelas, hanya gerakan kecil. krna kalo pake gerakan besar momentum untuk gerakan terakhir ga bakal dapet. ini adalah gerakan kunci fake pedalada. gerakan ini semi-soft.

- lakukan dribble kearah sebaliknya. yap setelah buat efek badan tadi, insya Allah si lawan akan tertipu karena gerakan lo. kalo udah tertipu, langsung hajar ke gerakan opposite dari gerakan di atas. misal, sehabis badan lo udah ke kanan semua dan kaki kiri lo juga. kaki kanan otomatis nganggur dong? nah pake kaki kanan buat bergerak ke kiri dengan cepat dan keras. si musuh tertipu lalu dirimu berhasil mengelabuinya hehe. gerakan ini hard.

tips : 1. jangan melakukanya ketika lo sedang by one dengan pemain di posisi berhadapan 180 derajat. apalagi musuh lo mundur. tingkat kegagalan akan semakin tinggi. 2. usahakan selagi bola sedang meluncur lambat. kalo lagi melaju keras yang ada kaki lo keserimpet dan lo nyusruk. tertawalah teman2lo hahaha. 3. gerakan mata,kaki,tangan dan bahu adalah kunci disini. buatlah efek setipu mungkin agar gerakan ini berhasil. kalo paling berhasil adalah ketika musuh lo anklebreak ato kepleset dan jatoh. kalo yg masih bingung, main pes 2010 yg PC/ps3/360. pke pemain yg dribblenya diatas 80. waktu dribble, pencet arah dimana pemain lo menghadap dan pencet diagonal move. misal, pemain lo lagi menghadap lurus kedepan. pencet -> lalu diagonal move maju keatas atau kebawah. (diagonal move = atas+depan/bawah+depan yang dipencet bersamaan)

fake pedalada juga bisa dimodifikasi untuk berputar badan. dan inilah videonya!

2. Marseille Turn / The Roullete
gerakan ini dipopulerkan oleh zinedine zidane. nama lainya adalah the 360, rolie polie, piroman dll. walopun zidane bukan penemu gerakan ini, tetapi praktisi yang paling hebat menggunakanya adalah doi. gerakan ini kondisional dan pasif. kalo menggunakanya secara asal, yang ada bola direbut secara mudah. kondisi terbaik menggunakanya adalah sewaktu ada pemain yang mengambil bola dari depan saat ia berlari kencang. praktisi yang menggunakanya adalah : Zinedine Zidane, Maradona, Lionel Messi, Franck Ribery, Aiden McGeady, Thierry Henry, Ronaldinho, Cristiano Ronaldo, Kaka, Ricardo Quaresma, Robinho dan masih banyak lagi. Gerakan ini adalah gerakan 360 yang tanpa modifikasi. berikut step2nya :

- kaki terkuat menarik bola. gunakan kaki terkuat lo untuk menarik bola sambil memikirkan gerakan kedua. gerakan ini hard

- body spin. sehabis kaki terkuat menarik bola, putarlah badan kearah yang diinginkan. biasanya, kalo narik pake kaki kanan, muternya akan kekanan. dan sebaliknya. gerakan ini soft

- kaki terlemah mendorong bola dengan telapak kaki / tumit. sehabis badan kita berbalik lalu doronglah bola dengan telapak kaki (tumit juga bisa) dan sambil berputar. musuh akan terkecoh lalu bola kembali dikuasaai. gerakan ini hard

tips : 360 akan sangat sulit bila gerakan ini dilakukan dengan kecepatan tinggi. makanya, pemain yang bisa melakukan ini dengan gerakan tinggi hanyalah pemain yang mempunyai keseimbangan sempurna (zidane dan maradona).

gerakan ini sudah dimodifikasi banyak pemain. tak terhitung berapa modifikasinya. salah satunya adalah 360 deco souza version. ia hanya menggunakan satu kaki terkuat untuk melakukan gerakan ini. tanpa banyak basa-basi inilah videonya ---->

3. Flip-flap / Elastico
sangat sedikit pemain yang bisa melakukan elastico secara efektif. terhitung menurut penelitian gw selama ini hanya Ronaldinho, Ronaldo, Robinho, Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, Jay-jay Okocha, Morten Gamst Pedersen dan tentu saja sang penemu trik ini yaitu Roberto Rivelino. knp hanya segelintir? karena elastico membutuhkan kelenturan engkel yang luar biasa. pemain2 yang mempunyai engkel normal akan sulit dan tingkat kegagalanya pasti akan sangat tinggi sewaktu melakukan trik ini. kalau berhasil, lawan bisa2 jatuh terjembab dan kemungkinan terburuknya adalah patah kaki. sdikit lebay sih, tapi pas ashley cole yang cedera 6 bulan pas maen di arsenal adalah buktinya. dia terlalu tajam gerakanya sewaktu mengawal gerakan elastico cristiano ronaldo. lututnya sobek karena tidak tahan putaran sewaktu dari kanan ke kiri. kondisi terbaik adalah ketika lawan benar2 mengikuti dan mengawasi gerakan2 kita. berikut cara2nya.... :

- gerakan kaki terkuat kearah luar sambil mendribble bola. maksudnya kalo lo pake kaki kanan gerakin ke luar kanan. kalo pake kaki kiri sebaliknya. gerakan ini soft

- hentakan ke arah dalam sekuat mungkin. misal, lo menggunakan kaki kanan. setelah bola bergulir keluar dan kaki lo ada di sebelah kanan bola, hentakan bola itu ke arah dalam (kiri) sekeras mungkin. inilah part tersulit di gerakan ini. membutuhkan engkel super lentur dan kuat. gerakan ini super hard

tips : efek badan dan pandangan mata juga menentukan berhasil atau tidaknya trik ini. trik ini tidak berhasil jika pemain tidak punya body balance tinggi dan melawan bek yang memiliki postur dan keseimbangan yang kuat.

biar jelas, mending langsung nonton aja videonya ---->

4. Trivela
ini adalah trick shoot dan bisa dimodifikasi sebagai crossing. sebenarnya trik ini hanyalah shoot yang menggunakan kaki bagian luar (outside) trik yang juga membutuhkan kekuatan engkel yang kuat. trik ini sepertinya sudah trademarknya si ricardo quaresma (walaupun banyak penggunanya). selain engkel, juga membutuhkan keseimbangan, kekuatan dan tubuh lo harus bertumpu pada sudut tertentu untuk membengkokan bola dan melepaskan power yang kuat. biasanya yang gunain trik ini pemain2 yang kakinya hanya berfungsi satu sementara kaki lainya sangat lemah. oiya, bola yang meluncur berkat trivela ini mempunyai rotasi unik sehingga kiper acapkali bingung mengantisipasinya. berikut cara2 untuk melakukanya :

- gunakan kaki terkuat untuk menendang outside. saran gw adalah ambil posisi luar untuk melakukan trivela. misal, untuk melengkungkan ke kanan, lebih gampang jika kita ambil ancang2 seperti mau melakukan tendangan kaki kiri. setelah ambil ancang2, lalu hajar bagian kiri bawah bola dengan kaki outside kanan. quaresma yang bermain di sayap kiri biasanya melakukan crossing/shoot ini lalu bola akan melengkung keluar ( ke kanan).

nampaknya cukup njelimet, kita lihat saja videonya --->

5. Cruyff Turn
kayaknya trik2 diatas susah2 ya? nah kali ini trik yg satu ini sangat mudah dan tidak membutuhkan macam2. johan cruyff sang penemu ini sangat berandil besar bagi para striker dan midfielder jaman sekarang. praktisi dari teknik ini adalah hampir semua striker, midfielder, dan sayap. posisi terbaik adalah ketika kita sedang melakukan shielding untuk mencari celah crossing/mengumpan/shoot dsb. caranya adalah :

-lakukan shielding dan gunakan visi dengan semaksimal mungkin. posisi terbaik adalah ketika musuh tidak dibelakang persis kita. lakukan gerakan seperti mengumpan dan putar kaki semaksimal mungkin untuk melakukan gerakan berputar 180 derajat. musuh akan tertipu dan lakukan langkah keras untuk lari secepat2nya meninggalkan musuh sebelum ia sadar.

ini video tutorial cruyff turn :

6. Cristiano Ronaldo Chop
trik ini sebenarnya tidak terlalu sulit caranya. yang sulit dari trik ini hanyalah timing dan penyesuaian. CR chop sebenarnya hanya bentuk lain dari berbelok atau berganti arah ketika mendribble bola. tidak ada yang spesial. namun yang spesial dari trik ini adalah ketika pemain mempunyai tendangan kaki kanan-kiri yang sama mumpuninya. atau bisa mengkombinasikan dgn footwork untuk mengecoh bek ketika mau melepas crossing. ketika melakukan CR chop, kita mesti tau apa yg mau kita lakuin 2-3 langkah berikutnya. oiya, trik ini ga begitu berguna di futsal soalnya trik ini butuh areal yg luas. tidak sesuai dgn lap futsal yg sempit.

video CR Chop! :

7. Rainbow Kick
hmm trik yg sbenarnya agak2 khayal kalo dilakuin di permainan sebenarnya. tapi kalo buat main2 mah it's oke. anak kecil jg banyak yg bisa ngelakuin trik ini hehe rainbow kick sbenarnya bertujuan untuk mengundang pelanggaran saja. sukur2 bisa ngelewatin musuh beneran. nama lainya sombrero, lambretta, ato ngga the ardiles flick. oiya, osvaldo ardiles si legenda argentina yang pertama meragakan trik ini di dunia sepakbola modern (bukan street soccer lho). trik ini tingkat kesulitanya sangat tinggi jika dimainkan di permainan sebenarnya. gw baru liat trik ini sekali waktu japan-korea 2002. waktu itu turki-brazil. ada pemain turki gw lupa namanya pake rainbow kick ini buat ngelewatin roberto carlos. dan carlos terpaksa melanggar si pemain turki ini. rainbow kick ini sebenarnya berguna untuk melecehkan pemain lawan ato ngga menunjukan bahwa si pengguna mempunyai skill tinggi haha gaya amat yak? nih langsung tutorial cara gunainya! :

- jepit bola dengan posisi kaki dominan di depan, kaki lainya di belakang. karena dengan kaki dominan di depan maka posisi tubuh akan lebih baik untuk step kedua.

- gulirkan bola dengan kaki kiri melewati betis kaki kanan. tips untuk step kedua adalah, cobalah lebih condong kedepan waktu menggulirkan bola. bertujuan biar bola ga kmana2 kalo misalnya udah kelempar.

- tendang bola yg bergulir di betis dengan tumit kanan. nah dari step kedua, jangan sampe bola bergulir tinggi. supaya bisa kena tumit. nah ketinggian dan kecepatan bola biar kedepan ini adalah kunci utamanya untuk ngelewatin defender.

nih video rainbow kick, yg ngejelasin aja anak kecil haha --->

8. The Stepover (Pedalada)
ini diaa trik yg maha dahsyat menggemparkan bumi persepakbolaan! haha yap the stepover, pedalada, the denilson, the scissors, samba atau apalah namanya itu dipopulerkan oleh denilson si legenda sao paulo brazil. gerakan mengecoh ini memang rata2 penggunanya orang brazil. namun lama kelamaan banyak pesepakbola eropa bahkan afrika dan asia juga ahli menggunakanya. gerakanya memang seperti gunting dan tiba2 memotong. lo tau kan kalo maen WE/PES yg mencet L1 berkali2 ntar si pemain bakal kyk gini hehe pemain yg bisa menjalankan kedua kakinya dengan baik akan sangat baik jika melakukan taktik ini. contoh joe cole, mancini, ronaldo, cristiano ronaldo, ronaldinho dan masih banyak lagi. eits di tanah air tercinta ini kita jg mempunyai jago stepover. siapa lagi kalo bukan om budi "piton" sudarsono. tanpa banyak cing-cong ini dia step2 untuk melakukan stepover! :

- mulai dengan kaki lemah untuk melakukan gerakan ini. untuk satu hal yg ini karena biasanya para awam stepover begitu dalam prakteknya. karena biasanya musuh akan tertipu di gerakan keempat. apalagi musuh lo bek berkaki kanan. makin gampang dilewatinya deh. misal, lo berkaki kanan dan ada di sisi kanan lapangan. bertemu dengan defender yg geraknya lamban. ini adalah mangsa empuk untuk melancarkan step over. mulai dengan kaki kiri lalu kaki kanan dan kaki kiri lagi dan SET! kaki kanan kedua langsung lo kenain ke bola dan bola akan bergerak ke kanan, otomatis si defender yg gerakanya lamban dan berkaki kanan akan tertipu. misalnya ga tertipu pasti juga lo menang sprint hehe udah deh tinggal mau di crossing apa tembak langsung. oiya gerakan bahu adalah kunci dari stepover. goyangkan bahu selebay mungkin biar makin ketipu musuhnya. modifikasi dari stepover juga sangat banyak sekali dan mending liat video dibawah ini. selamat mencoba!

--->

9.Rabona
wuoggh inilah nama trik yang saya gunakan di nama blog saya sendiri! haha teknik shoot dengan cara menendang bola lewat belakang kaki (???) jadi satu kaki diam dan kaki lainya mengitarinya lewat belakang lalu menendangnya. trik ini pertama kali diperagakan oleh raja sepakbola yaitu pele. (maka dari itu nama blog gw pele's rabona hehe) gampang kok trik ini cukup 2-3 kali belajar juga bakalan bisa. pengguna trik ini banyak sekali tetapi yg sering praktek di lapangan adalah Ronaldinho, cristiano ronaldo, maradona, joe cole, didier drogba, morten gamst pedersen, dan nani. trik ini bisa efektif ketika seorang sayap kanan yang tendangan kaki kirinya mati atau jelek. ketika sayap kanan itu merangsek ketengah, ia bisa melakukan rabona untuk shoot atau sekedar crossing. mending kita liat bagaimana melakukan rabona yg benar melalui video bang quaresma ini. cekidot! :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search