Minggu, 04 April 2010

Feud & Rivalries

Feud & Rivalries? yap, persaingan dan permusuhan sangat banyak di dunia olahraga, tak cuman di sepakbola. Di hampir semua olahraga pasti ada yang namanya persaingan dan permusuhan. Kali ini gw bahas di sepakbola. hmm kapan2 kalo lagi pgn nulis basket,baseball gw tulis deh hehe. Gw cmn bisa nampilin 3 duel dari 3 negara berbeda. Sebenarnya masih banyak lagi tapi yaa setelah dilirik2 materinya kurang nampol jadinya gitu deh. ready, set, go!

1. Manchester United & Liverpool rivalry
The Red Devil vs The Reds. 2 kekuatan utama liga inggris bertemu dan saling bertaruh gengsi. Sebenarnya duel kota pelabuhan dengan kota industri ini tidak hanya terjadi di sepakbola. namun juga terjadi di lahan bisnis. Ceritanya sangat panjang dan tidak muat kalo gw tulis disini. United si pemilik 18 gelar EPL sekarang sudah menyamai pool yang sangat perkasa dalam perebutan gelar EPL. Sayang, pool terakhir mencicipinya di musim1988-1989 di era Kenny Dalglish. Dalglish pada zaman itu bermain sebagai player-manager. setelah era dalglish rontok, kekuatan pool berangsur2 melemah. Sementara united semakin menunjukan taringnya di tahun 1992-1993 setelah puasa gelar 26 tahun, united kembali meraih trofi yg paling bergengsi di ranah britania raya. oke tanpa basa basi gw akan langsung memberikan data dan fakta tentang duel legendaris ini.

Bertanding : 179 kali
United menang : 69 kali
Pool menang : 60 kali
Seri : 50 kali

hmm dari statistik diatas united unggul, tapi kalo diliat dari koleksi trofi pool satu trofi unggul dari united. Pool meraup 58 trofi dan united 57. (Didalamnya sudah termasuk EPL, FA cup, UEFA Champions League, Europa League, Community Shield, Carling Cup, Winners Cup, Intercontinental Cup, Club World Cup, European Super Cup). Pemain2 yang saling beradu taji juga udah ga keitung brp banyaknya. Mulai dari persaingan antar manager tersukses, Bill Shankly (Liverpool) vs Sir Matt Busby (Man. United) --- George Best vs Kevin Keegan--- sampe sekarang Fernando Torres vs Wayne Rooney. Banyak bgt orang2 yg terlibat di feud ini ga bisa gw tulis satu2 hehe. 5 Duel terakhir pool lebih unggul dengan 3 kemenangan dan 2 kekalahan. Tetapi united unggul di segi konsisten sehingga walaupun kalah dengan pool, united tetap bisa meraih trofi EPL di 3 musim terakhir.

2. Derby Della Madonnina, AC Milan & Inter Milan ( The Milan Derby)
kota milan menjadi identik dengan kota fashion. eits ga cmn fashion yang ngomong disini, sepakbola juga jadi daya tarik kota ini. 2 klub papan atas menghuni satu kota bahkan satu stadion yang sama. Associazione Calcio Milan beranggotakan pahlawan2 tim nasional lokal sejak dari jaman Gianni Rivera - Cesare Maldini dan Giovanni Trapattoni sampai jaman pirlo-ambrosini-nesta sekarang. oiya, sebelum jaman itu. ada legenda GreNoLi yang berasal dari swedia. Gre No Li singkatan dari Gunnar Gren, Gunnar Noordahl dan Nils Liedholm. Eits inter juga ga mau kalah dengan giussepe meazza dan sandro mazzola nya. kalo milan terkenal sama pemain lokal, inter sebaliknya. Seneng bgt inter pake pemain asing (sampe sekarang). LiataPuncak perseteruan ketika 2 anak emas dari masing2 klub yaitu Gianni Rivera dan Sandro Mazzola bentrok saling unjuk kebolehan di derby Della madoninna edisi 1962. lompat jauh ke era akhir 1980an dimana milan mempunyai trio belanda Rijkaard-Van Basten- Gullit melawan trio jerman inter Brehme-Klinsmann-matthaus . Sayang, milan sewaktu itu sedang dalam masa puncak kejayaanya sehingga inter acapkali tak berkutik di derby della madoninna pada era ini. Inter bangkit jauh melampui era itu di masa sekarang kepimpinan mourinho dan mancini. Inter baru menunjukan tajinya. Tak banyak drama terjadi di derby ini. berikut statistiknya...

Bertemu : 273 kali
Milan menang : 106 kali
Inter Menang : 95 kali
Seri : 72 kali

3. El Clasico, Barcelona FC vs Real Madrid
EL CLASICO!! woohoo ini yg gw tunggu2 :) Duel 2 tim yang bawa nama gengsi kota juga. Dari jamanya perang saudara kota madrid sama kota barcelona juga bermusuhan. persaingan ini dibawa2 sampe ke tingkat parlemen juga lho sadis bgt yak? emang. oke kali ini gw ga ngomong diluar sepakbola. Madrid yang daridulu hobinya udah ngumpulin pemain2 bintang dari setiap negara, lawan barcelona yang punya tradisi mengembangkan pemain didikanya sendiri di La Masia. Madrid sempet mengobrak ngabrik el clasico ini di tahun 1960an pada jamanya alfredo di stefano. barca juga gamau kalah coy, di tahun 1970an akhir dan 1980an barcelona mendominasi duel2 el clasico. Barcelona punya Paulino Alcantara, Johan Cruyff, Gheorge Hagi, Hristo Stoickhov, Michael Laudrup, Diego Maradona, Romario, Josep Guardiola, Andoni Zubizaretta, Rivaldo, Luis Figo, Juan Roman Riquelme, Luis Enrique, Ronaldinho, Xavi, Carles Puyol, hingga sekarang Lionel Andres Messi. Madrid juga ga mau kalah dong, dia punya Ferrenc Puskas, Alfredo Di Stefano, Fernando Hierro, Manuel Sanchis, Fernando Redondo, Roberto Carlos, Clarence Seedorf, Raul, Steve McManaman, Ivan Helguera, Predrag Mijatovic, Fernando Morientes, Zinedine Zidane, David Beckham, Ronaldo Nazario, Robinho, Gonzalo Higuain sampe sekarang Cristiano Ronaldo. buset dah itu semua udah gw sebutin para pelaku2 el clasico hehe el clasico ini penuh drama, gengsi, ketegangan, adu skill tinggi, emosi yang sangat campur aduk dan masih banyak lagi. Kejadian terburuk pernah terjadi ketika Luis Figo si pahlawan el barca hijrah ke rival bebuyutan Real Madrid dikirimin pala babi ke depan rumahnya sama ultras barcelona hiiii primitif bgt yak? sama ada satu lagi ketika samuel eto'o si mantan penghuni real madrid b pindah ke barcelona lewat real mallorca. Eto'o diteriakin monyet pas main di bernabeu dan dilemparin pisang ckckck ade2 aje. oiya, El Clasico jilid kedua di musim 2009/2010 mau digelar loh tanggal 12 april 2010. Semoga aja disiarin sm tiviwan amin amin amin! di el clasico ini gw dukung barcelona tentunya, emang ini tim jagoan gw sih mau diapain lagi... hoping for the best! karena ini sangat memengaruhi perebutan klasemen la liga.

Sebenernya masih banyak lagi derbi2 seru yang masih belom gw jamblangin, contohnya sebagai berikut:
- London Derby ( Arsenal vs Chelsea)
- Merseyside Derby ( Liverpool vs Everton )
- Old Firm Derby ( Glasgow Celtic vs Glasgow Rangers )
- Derby d' italia ( Inter Milan vs Juventus)
- Derby dela Capitale ( AS Roma vs SS Lazio)
- El Derbi Madrileno ( Real Madrid vs Atletico Madrid)
- El Derbi Barcelones ( Espanyol vs Barcelona )
- Manchester Derby ( Manchester United vs Manchester City )
dan masih banyaaaaaaaaaak lagi.....

sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca hehe semua tulisan disini asli gw tulis sendiri, plg cuman data dan statistik gw comot dari wiki. cukup deh ga usah panjang2 pamitnya hehehe adiooss!!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tulisan lo asik yus hehe tulis terus gan! gue link yak

Yuscha Audrya mengatakan...

haha thx met oke2 tengkyu yak! sebarkan ke lain yang penggemar sepakbola juga hehe :D

Posting Komentar

Search